Pengantar Filsafat

Rp 125,000

Penulis

Imam al-Ghazali

Penerjemah

Imam Ghozali

Penyunting

Muhammad Ma'mun, Husni Nasution

Cover

Soft Cover

Cetakan

Mei 2024

Halaman

476

ISBN

978-623-7327-98-1

Dapatkan buku ini di:

Dapatkan juga di marketplace:

Bisa Juga Didapat di Gerai-gerai Berikut:

Informasi Buku

Kitab Maqashid al-Falasifah

Pengantar Filsafat: Memahami Gagasan Pokok Para Filsuf dari Aristoteles hingga Ibnu Sina

Dengan mengacu kepada opini, pemikiran, serta gagasan para filsuf, buku ini ditulis oleh Imam al-Ghazali sebagai pengantar untuk memahami teori dasar dalam ilmu filsafat. Di dalam buku ini, Imam al-Ghazali menguraikan wacana filsafat yang terangkum ke dalam tiga disiplin utama: logika, fisika, dan metafisika. Dalam wacana filsafat, Imam al-Ghazali sendiri merupakan seorang tokoh yang menentang dan membantah pemikiran filsafat, khususnya yang berkaitan secara langsung dengan akidah Islam.

Dengan rinci dan sangat ketat, Imam al-Ghazali mengemukakan pandangannya tentang kerancuan pemikiran filsafat yang tertuang dalam kitabnya yang fenomenal, Tahâfut al-Falâsifah. Buku ini adalah pengantar yang ditujukan untuk memberikan pijakan wacana terkait bantahan Imam al-Ghazali yang tertuang dalam Tahâfut al-Falâsifah.

Menurutnya, seseorang harus benar-benar memahami pemikiran para filsuf sebelum membantah argumen mereka. Maka di dalam buku ini, Imam al-Ghazali semata-mata menguraikan teori-teori dasar dalam filsafat, tanpa menyatakan bantahan ataupun persetujuan.

DAFTAR ISI

Peta Buku
Pengantar Penerbit
Pengantar Ahli
Pengantar Penahkik

BAGIAN PERTAMA: LOGIKA
Pendahuluan
Mengenal Logika
Kegunaan Logika
01. Makna Kata
Bagian Pertama: Isagoge
Bagian Kedua: Tunggal dan Majemuk
Bagian Ketiga: Partikular dan Universal
Bagian Keempat: Nomina, Verba, Preposisi
Bagian Kelima: Lima Posisi Makna Kata
02. Makna-Makna Universal; Perbedaan Relasi dan Pembagiannya
Pembagian Lain untuk Makna Aksidental
Pembagian Lain untuk Makna Esensial I
Pembagian Lain untuk Makna Esensial II
03. Susunan Term Tunggal dan Pembagian Proposisi
Bagian Pertama: Pembagian Umum Proposisi
Bagian Kedua: Pembagian Proposisi berdasarkan Predikat
Bagian Ketiga: Proposisi Singular dan Non-singular
Bagian Keempat: Pembagian berdasarkan Relasi Predikat dengan Subjek
Bagian Kelima: Pembagian berdasarkan Kontrari

Bagian Keenam: Pembagian berdasarkan Kebalikan
04. Penyusunan Proposisi Menjadi Silogisme
Pilar Pertama: Bentuk Silogisme
• Silogisme Kategoris
• Silogisme Ekseptif
• Silogisme Absurd
• Induksi
• Representasi
• Polisilogisme
Pilar Kedua: Materi Silogisme
• Penggunaan 13 Premis Sebelumnya
• Penjelasan Akhir tentang Silogisme
05. Tambahan untuk Silogisme dan Demonstrasi
Bagian Pertama: Maksud dan Pembagian Kata Tanya
Bagian Kedua: Silogisme Demonstratif
Bagian Ketiga: Ragam Pembahasan dalam Ilmu-Ilmu Demonstratif
• Pertama: Subjek Kajian
• Kedua: Sifat-Sifat Esensial
• Ketiga: Masalah-masalah
• Keempat: Prinsip-prinsip
Bagian Keempat: Penjelasan Semua Syarat-Syarat Premis Demonstrasi

BAGIAN KEDUA: METAFISIKA
Pengantar I: Pembagian Ilmu Pengetahuan
Pengantar II: Subjek Kajian Tiga Jenis Ilmu
01. Pembagian al-Maujûd (Yang ‘Ada’)
Pembagian Pertama: Substansi dan Sifat-sifatnya
• Hakikat Jisim
Perbedaan Pendapat tentang Susunan Jisim

• Ringkasan I: Penjelasan Penahkik
• Ringkasan II: Penjelasan Penahkik
Penjelasan Keterkaitan Hylè dan Bentuk
Penjelasan tentang Sifat (al-’Aradh)
Penjelasan dan Argumentasi untuk Masing-Masing al-’Aradh (Sifat)
Pembagian Kedua: Universal dan Partikular
• Hukum Pertama
• Hukum Kedua
• Hukum Ketiga
• Hukum Keempat
Pembagian Ketiga: Satu (Tunggal) dan Banyak (Plural)
Pembagian Keempat: Anterior dan Posterior
Pembagian Kelima: Sebab (as-Sabab) dan Akibat (al-Musabbab)
Pembagian Keenam: al-Mutanâhî (Finite) dan Ghair al-Mutanâhî (Definite)
• Penjelasan Penahkik tentang Dalil Pertama
• Penjelasan Penahkik tentang Garis Tak-terbatas
Pembagian Ketujuh: Ada dengan Dayanya dan Ada karena Tindakan Tertentu
Pembagian Kedelapan: Pasti Ada dan Mungkin Ada
02. Dzat Wâjib al-Wujûd (Dzat Yang Pasti Ada)
Dua Belas Rumusan tentang Dzat Yang Pasti Ada
• Komentar Penahkik
03. Sifat-Sifat Bagi Dzat yang Pertama
Pendahuluan tentang Sifat (ash-Shifah)
Beberapa Klaim
• Klaim Pertama
• Klaim Kedua
• Klaim Ketiga
• Klaim Keempat
• Klaim Kelima
• Klaim Keenam

• Klaim Ketujuh
• Klaim Kedelapan
• Klaim Kesembilan
• Klaim Kesepuluh
• Klaim Kesebelas
Penutup Pembahasan Sifat
04. Pembagian Semua Yang Ada (al-Maujûdât)
Pengantar Pembahasan
• Bagian Pertama: Pengaruh dan Keterpengaruhan
• Bagian Kedua: Kekurangan dan Kelengkapan
• Bagian Ketiga: Khusus untuk Jisim
Pilar Pertama: Benda-benda di Level Bawah (Bumi)
• Konsekuensi Pertama
• Konsekuensi Kedua
• Konsekuensi Ketiga
• Konsekuensi Keempat
• Konsekuensi Kelima
• Konsekuensi Keenam
Pilar Kedua: Benda-benda di Level Atas (Langit)
• Klaim Pertama
• Klaim Kedua
• Klaim Ketiga
• Klaim Keempat
• Klaim Kelima
• Klaim Keenam
• Klaim Ketujuh
05. Mekanisme Munculnya Segala Hal

BAGIAN KETIGA: FISIKA
01. Hal Umum Pada Jisim

Gerak
• Gerak dari Segi Sifatnya
• Gerak dari Segi Penyebabnya
• Gerak dari Sisi Lain
Tempat
02. Jisim Sederhana (al-Basîthah)
• Klaim Pertama
• Klaim Kedua
• Klaim Ketiga
• Klaim Keempat
• Klaim Kelima
• Klaim Keenam
• Klaim Ketujuh
03. Temper dan Kompleks
Tinjauan Pertama
Tinjauan Kedua
Tinjauan Ketiga
Tinjauan Keempat
Tinjauan Kelima
04. Jiwa Nabati, Hewani, dan Insani
Jiwa Nabati
Jiwa Hewani
• Indra-indra Eksternal
Peraba
Penciuman
Pendengaran
Perasa
Penglihatan
• Indra-indra Internal
Indra Kolektif (Akal Sehat)

Daya Penggambar
Daya Estimasi
Daya Ingat
Daya Imajinasi
Jiwa Insani
05. Pancaran Akal Aktif pada Jiwa
Pertama: Jiwa Menunjukkan Keberadaan Akal Aktif
Kedua: Mekanisme Terpancarnya Pengetahuan
Ketiga: Kebahagiaan Jiwa setelah Mati
Keempat: Kesengsaraan Jiwa karena Terhalang Perilaku Buruk
Kelima: Mimpi Bermakna
Keenam: Mimpi Palsu
Ketujuh: Menjangkau Alam Gaib dalam Keadaan Terjaga
Kedelapan: Melihat Bentuk yang Tidak Eksis di Alam Lahir
Kesembilan: Mukjizat dan Keramat
Kesepuluh: Mengapa Butuh Nabi
Rujukan Penerjemahan
Biografi Singkat Imam al Ghazali

Imam al-Ghazali lahir di Thus pada tahun 1058 M/450 H dan meninggal di Thus pada 1111 M/ 505 H di usia 52/53 tahun. Ia adalah seorang sufi, teolog, dan filsuf muslim terkemuka asal Persia. Imam al-Ghazali berasal dari keluarga yang miskin. Ayahnya mempunyai cita-cita yang tinggi, yaitu ingin anaknya menjadi orang alim dan shalih. Imam al-Ghazali banyak memberi sumbangan bagi perkembangan kemajuan umat Islam.

Ia dianggap sebagai Mujaddid, Sang Pembaharu, dari abad ke-5. Sang Mujaddid itu sendiri—sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadis Nabi—akan muncul setiap 100 tahun sekali untuk memulihkan keimanan umat Islam. Karya-karya Imam al-Ghazali sangat diakui oleh orang-orang sezamannya, sehingga beliau pun dianugerahi gelar kehormatan sang “Hujjatul Islam” (Argumentator Islam).

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Pengantar Filsafat”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buku Rekomendasi