Seni Berpikir Kritis

Rp 75,000

Weight 300 g
Dimensions 13 × 19 × 3 cm
Penulis

Ibnu Sina

Penerjemah

Husni Nasution

Pengantar Ahli

Ach. Dhofir Zuhry

Cover

Soft Cover

Cetakan

Januari 2025

Halaman

268

ISBN

978-623-8661-10-7

ISBN 9786238661107 Genre Buku Tag
Dapatkan buku ini di:

Dapatkan juga di marketplace:

Bisa Juga Didapat di Gerai-gerai Berikut:

Informasi Buku

“Di tengah derasnya informasi di era kita hidup sekarang ini, Seni Berpikir Kritis hadir sebagai pengingat bahwa Islam mengajarkan kita berpikir jernih dan mendalam. Ibnu Sina membawa kita melampaui logika formal, menunjukkan bahwa berpikir kritis adalah jalan menuju kebijaksanaan sejati.”

Husein Ja’far Al Hadar, penulis dan konten kreator keislaman


Kehidupan digital banyak memengaruhi performa otak manusia. Tidak heran jika hari-hari ini banyak yang mengalami penurunan kemampuan untuk menalar dan berpikir secara kritis. Salah satu kiat untuk mengembalikan
skill penting satu ini adalah dengan mempelajari ilmu logika.

Terjemahan dari kitab Manthiq al-Masyriqiyyin ini tak hanya menjelaskan prinsip-prinsip dasar berpikir, tetapi juga memperbarui cara kita memahami dunia. Dengan gayanya yang khas, Ibnu Sina mengupas bagaimana logika dapat menjadi senjata untuk meruntuhkan ilusi, membongkar syak wasangka, dan menemukan esensi kebenaran.

Setiap pembahasan dalam buku ini merupakan ajakan untuk melampaui cara berpikir konvensional dan memasuki dimensi yang lebih luas. Jadi, sudah siapkah untuk berpikir lebih kritis?



DAFTAR ISI

Pengantar Penerbit

Pengantar Ahli

Pengantar Penerjemah

Glosarium

Mukadimah

Prolog

 

Bagian I: Konsepsi (Tashawwur)

    • Konsepsi                                                                              
    • Kata dan Makna Tunggal
      (al-Lafzh al-Mufrad wa al-Ma’nâ al-Mufrad)                        
    • Universal dan Parsial (al-Kullî wa al-Juz`î)                           
    • Predikat (al-Mahmûl)                                                                       
    • Kategori Penandaan Kata atas Makna
      (Dalâlah al-Lafzh ’alâ al-Ma’nâ)                                           
    • Kategori Penandaan Predikat atas Subjek
      (Dalâlah al-Mahmûl ’alâ al-Maudhû’)                                   
    • Kategori Penanda Esensi
      (Dalâlah ’alâ al-Mâhiyah)                                                     
    • Konstituen (al-Muqawwimât)                                              
    • Konkomitan (al-Lâzimât)                                                     
    • Aksiden Non-Konkomitan
      (al-’Awâridh al-Ghair al-Lâzimât)                                        
    • Posterior Umum dan Khusus
      (al-Lâhiq al-’Âm wa al-Khâsh)                                             
    • Makna yang Tersusun dari Makna Umum,
      Khusus, dan yang Selain Keduanya                                     
    • Kategori Susunan Predikat                                                  
    • Kategori Definisi (at-Ta’rîf)                                                   
  • Term (Hadd)                                                                        

 

Bagian II: Observasi (Imtihân)

  • Predikat (al-Mahmûl)                                                                       
  • Makna Umum (al-’Âm)                                                         
  • Esensi Konstituen
    (adz-Dzâtî al-Muqawwim)                                                   
  • Aksiden (al-’Aradhî)                                                             
  • Genus (Jins)                                                                         
  • Diferensia (Fashl)                                                                 
  • Properti Absolut
    (al-Khâshshah al-Muthlaqah)                                              
  • Generalisasi Properti Tunggal
    sebagai Definisi                                                                   
  • Spesifikasi Definisi dan Generalisasi Seluruh
    Ragam Bentuknya                                                               
  • Term (Hadd)                                                                        
  • Definisi Nomina, Verba, Partikel,
    dan Diskursus                                                                      

 

Bagian III: Justifikasi (Tashdîq)        

  • Kategori Proposisi (al-Qadhâyâ)                                          
  • Subjek Proposisi Kategoris
    (al-Maudhû’ fî al-Hamlî)                                                       
  • Predikat Proposisi Kategoris
    (al-Mahmûl fî al-Hamlî)                                                        
  • Struktur Bagian Proposisi Kategoris
    (al-Qadhiyyah al-Hamliyyah bi Ajzâ`iha)                             
  • Proposisi Kategori Negatif (as-Salb al-Hamlî)                      
  • Proposisi Kategoris Universal-Afirmatif
    (al-Kullî al-Mûjab fî al-Hamliyyât)                                        
  • Proposisi Kategoris Universal-Afirmatif
    (al-Kullî as-Sâlib fî al-Hamliyyât)                                         
  • Parsial-Afirmatif dan Parsial-Negatif                                   
  • Makna Tambahan yang Berkaitan
    dengan Proposisi                                                                 
  • Premis Absolut
    (al-Muqaddimah al-Muthlaqah)                                           
  • Premis Probabilistik
    (al-Muqaddimah al-Mumkinah)                                           
  • Hukum Kontradiksi (at-Tanâqudh)                                       
  • Kontradiksi Proposisi Absolut-Umum
    (Naqîdh al-Muthlaqah al-‘Âmmah)
    ketika Universal-Afirmatif
    (Mûjabah Kulliyyah)                                                             
  • Kontradiksi Proposisi Absolut Non-umum
    (Naqîdh al-Muthlaqah al-latî Talî Hadzihi
    al-’Âmmah) ketika Universal-Afirmatif
    (Kulliyah Mûjabah)                                                               
  • Kontradiksi Proposisi Absolut-Inheren
    (Naqîdh al-Lâzimah) ketika
    Universal-Afirmatif (Kulliyyah Mûjabah)                               
  • Kontradiksi Proposisi Hipotetis-Inheren
    (Naqîdh al-Lâzimah al-Masyrûthah) ketika 
    Universal-Afirmatif (Kulliyyah Mûjabah)                               
  • Kontradiksi Proposisi Ekstrinsikal
    (Naqîdh at-Thâri`ah) ketika
    Universal-Afirmatif (Kulliyyah Mûjabah)                               
  • Kontradiksi Proposisi Absolut
    (Naqîdh al-Muthlaqah) yang Menyatukan
    Makna Ekstrinsikal (ath-Thâri`ah) dan
    Inheren (al-Lâzimah) ketika
    Universal-Afirmatif (Kulliyyah Mûjabah)                               
  • Kontradiksi Proposisi Absolut
    Universal-Negatif (Naqîdh as-Sâlibah
    al-Kulliyyah al-Muthlaqah) dalam
    Berbagai Kondisi                                                                 
  • Kontradiksi Proposisi Absolut
    Parsial-Afirmatif (Naqîdh al-Mûjabah
    al-Muthlaqah al-Juz`iyyah)

 

Biografi Singkat Ibnu Sina

Lampiran

Siapa Penulis Buku Ini?

Nama lengkap beliau ialah Abdul Hamid bin Ali bin Abdul Qadir Khatib bin Abdullah bin Mujirah. Dalam Mukhtashar Nasyr an-Naur wa az-Zuhar disebutkan bahwa beliau berasal dari Jawa, tetapi lahir di Makkah, pada tahun 1277 H/1860 M (riwayat lainnya, sebagaimana tercatat dalam Siyar wa Tarâjim, menyebutkan beliau lahir pada tahun 1280 H/1863 M). Syekh Abdul Hamid dikenal sebagai seorang penyair yang andal. Beliau tumbuh besar di lingkungan keluarga yang religius dan mencintai ilmu. Sejak kecil, beliau telah menghafal al-Quran dan berbagai kitab klasik, di antaranya al-Âjurûmiyyah, Alfiyyah, ar-Rahbiyyah, as-Sanûsiyyah, Matn as-Sullam, az-Zubad, dan lainnya.

Di Makkah, Syekh Abdul Hamid belajar kepada para ulama terkemuka, di antaranya Sayid Ahmad Dahlan, Sayid Utsman Syatha, serta saudaranya, Sayid Abu Bakar Syatha, juga Sayid Husein al-Habsyi. Kepada mereka, beliau belajar ushul fikih, tafsir, hadis, dan tasawuf. Semua gurunya itu memberi ijazah sehingga beliau diperkenankan mengajarkan berbagai disiplin ilmu tersebut. Dari sana, Syekh Abdul Hamid mulai mengajar di kediamannya, lalu berlanjut di Masjidil Haram. Di Rumah Allah inilah beliau menulis banyak karya berharga. Selain itu, beliau kerap melakukan perjalanan intelektual menuju Mesir, menimba ilmu kepada para ulama terkemuka di al-Azhar. Beliau wafat di Makkah pada tahun 1334 H/1915 M.

Beberapa karya beliau yang terkenal ialah Irsyâd al-Muhtadî Syarh Kifâyah al-Mubtadî; al-Anwâr as-Saniyyah Syarh Matn ad-Durar al-Bahiyyah; serta Nafahât al-Qabûl wa al-Ibtihâj fi Qishshah al-Isrâ` wa al-Mi’râj.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Seni Berpikir Kritis”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buku Rekomendasi