Kitab Kebijaksanaan Orang Gila (HC)

Rp 129,500

Berat 628 gram
Dimensi 23 × 15 × 2.4 cm
Cetakan

November 2019

Halaman

460

Cover

Hard Cover

Penulis

Abu al-Qasim an-Naisaburi

ISBN

978-623-7327-25-7

ISBN 9786237327257 Genre Buku
Dapatkan buku ini di:

Dapatkan juga di marketplace:

Informasi Buku

KITAB KEBIJAKSANAAN ORANG-ORANG GILA (HARD COVER)Kitab ini adalah karya masterpiece tentang sejarah kegilaan dalam Islam. Ditulis lebih dari 1.000 tahun yang lalu, penulisnya adalah Abu al-Qosim an-Naisaburi (w. 1016 M), seorang ahli tafsir dan hadis, sejarawan sekaligus sastrawan terkemuka di zamannya.

Semua tokoh yang diceritakan dalam kitab ini bukanlah tokoh fiktif. Ini kisah nyata tentang orang-orang yang dianggap gila dalam Islam. Sebut saja misalnya, Uwais al-Qarni, Qois si Majnun, Sa’dun, Buhlul, Salmunah si Wanita Gila, dll. Namun begitu, mereka ini bukanlah orang-orang gila biasa. Mereka sosok-sosok yang cerdas, jenius, memiliki akal yang tajam, penuh dengan kata-kata hikmah, bahkan seringkali dianggap sebagai Wali yang nyeleneh.

Selain menyajikan 500 kisah-kisah kegilaan yang penuh pesan moral, buku yang usianya 400 tahun lebih tua dari Kisah 1001 Malam ini juga ditulis dengan sangat hati-hati berdasarkan metode periwayatan yang ketat layaknya hadis. Tak heran, jika buku ini telah menjadi kitab rujukan kisah-kisah sufi yang selama ini telah beredar.

Dari kitab ini, kita akan mendapatkan pesan-pesan inspiratif yang jenaka sekaligus nasihat-nasihat moral yang bisa meningkatkan kecintaan kepada Allah. Buku ini mengingatkan kita bahwa hikmah itu bisa didapat dari mana pun, bahkan dari orang yang (dianggap) gila sekalipun.­

 

Siapa penulis buku ini?

  1. Abu al-Qasim an-Naisaburi.
  2. Lahir di Khurasan, sebuah wilayah di Persia Kuno.
  3. Ahli tasfir, hadits, sastra Arab, dan sejarah.
  4. Ulama Islam di Abad IV Hijriyah (wafat 406H/1016 M).

 

Apa saja isi buku ini?

  1. Kitab pertama yang mengumpulkan kisah-kisah orang-orang yang dianggap gila tetapi sebenarnya bijaksana dalam sejarah Islam.
  2. Buku ini berisih 1.000 poin yang berupa kisah, syair, dan kata-kata mutiara.
  3. Ada lebih dari 94 tokoh yang diceritakan dalam buku ini.
  4. Semua kisah yang dituliskan dalam buku ini adalah kisah-kisah nyata, bukan dongeng.
  5. Penulis buku ini, Abu al-Qasim an-Naisaburi, adalah ahli tafsir, hadits, sejarah dan sastra Arab.
  6. Buku ini akan mengajarkan kita untuk berendah hati bahwa mengambil hikmah-kebijaksanaan bisa dapat kita ambil dari manapun, bahkan dari orang-orang yang dianggap gila.
  7. Kitab aslinya yang berjudul ‘Uqala al-Majanin ditulis seribu tahun yang lalu.
  8. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi serta kutipan-kutipan inspiratif yang dapat diambil hikmahnya oleh pembaca.
  9. Penerjemah buku ini adalah dosen di sebuah universitas ternama di Jakarta dan telah banyak menerjemahkan buku-buku Islam.
  10. Buku ini juga dilengkapi dengan peta buku yang berfungsi untuk memudahkan pembaca memahami sekaligus menggarisbawahi poin-poin utama dalam buku.

Quotes:

  • “Aku lihat setiap orang tahu aib orang lain, tapi buta pada aib yang ada pada dirinya. Tidak elok orang yang samar terhadap aibnya sendiri, tapi jelas baginya ib saudaranya. Bagaimana mungkin aku melihat aib orang lain, sedangkan aibku sendiri menganga. Tidak ada yang tahu akan keburukan-keburukan orang lain, kecuali orang bodoh.” (Sa’dun Si Gila)
  • “Orang yang mengenal-Nya akan dekat dengan-Nya. Orang yang dekat dengan-Nya tidak akan tidur karena petir-petir kesedihan akan menyambarnya bila ia tidur.” (Hayyunah)
  • “Aku tidak menyesali yang telah berlalu. Engkau pun takkan melihatku bersedih karenanya. Apa yang ditakdirkan Allah padaku tidak akan menjadikanku berpaling pada selain-Nya dan menjadi orang yang menolak apa yang ada.”
  • “Demi Tuhan manusia ada yang lebih gila dariku, yakni membeli dunia dengan agama.” (Aban Ibn Sayar ar-Raqi)

 

FAQ (FREQUENLY ASKING QUESTIONS)

A. Mengapa buku ini penting dibaca?

Q. Buku ini berisi kisah-kisah yang mengandung hikmah. Berbeda dengan buku yang lain, hikmah-hikmah dalam buku ini dating dari orang yang dianggap gila dalam sejarah islam.

 

A. Apa keistimewaan buku ini?

Q. Berisi pesan-pesan inspiratif yang jenaka sekaligus nasihat noral yang bisa meningkatkan kecintaan kepada Allah. Kitab yang ditulis seribu tahun lalu ini berisi kisah nyata orang-orang yang dianggap gila dalam sejarah Islam. Padahal, mereka adalah orang yang terlampau jenius.

Apa keunggulan buku ini?
n

    n

  • Pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
  • n

  • Diterjemahkan oleh penerjemah professional.
  • n

  • Ditulis 1.000 tahun yang lalu dengan persyaratan yang ketat.
  • n

  • Buku pertama yang ditulis tentang kisah-kisah orang yang dianggap gila dalam sejarah Islam.
  • n

  • Dikemas dalam bentuk yang eksklusif (hard cover).
  • n

  • Berisi 500 kisah muslim genius yang dianggap gila.
  • n

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Kitab Kebijaksanaan Orang Gila (HC)”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buku Rekomendasi