Cerita Masyarakat Bashrah Takjub Menyaksikan Karomah Si Gila Sa’dun

Cerita Masyarakat Bashrah Takjub Menyaksikan Karomah Si Gila Sa’dun

Sa’dun si gila merupakan seorang pria asal Bashrah. Ia bernama asli Abu Atha’ Said al-Majnun. Dalam kitab Shifat ash-Sahfwah, ia dianggap sebagai salah satu orang pintar yang gila di Baghdad dan memiliki banyak karomah.

Saat itu Bashrah dilanda kekeringan yang dahsyat. Sa’dun si Gila pun memukau masyarakat dengan salah satu karomah yang dimilikinya. Begini kisahnya seperti yang diceritakan oleh Malik ibn Dinar.

Malik ibn Dinar berkata, “Masyarakat Bashrah mengalami kekeringan dahsyat. Karena itu, kami melaksanakan Istisqa’, tapi langit justru makin cerah. Saya menemukan Sa’dun di salah satu reruntuhan bangunan. Kepadanya saya berkata, ‘Demi Dzat yang menciptakan anda. Mohonlah hujan kepada Allah untuk kita semua!’”

Sa’dun menengadahkan kepalanya menghadap langit dan berkata, “Wahai Pencipta ruh dan jiwa! Wahai Pembuat awan dan angin! Wahai Pengubah malam dan pagi! Demi apa yang terjadi saat ini, mohon sayangilah hamba-Mu dan negeri-Mu! Janganlah kau hancurkan negeri-Mu dengan dosa hamba-hamba-Mu.”

Malik berkata, “Sebelum kata-kata Sa’dun selesai, langit menggugurkan airnya. Hujan deras mengguyur. Sa’dun keluar untuk mengambil air sambil bersyair:

Katakanlah pada duniaku, “menjauh dan berpalinglah dariku!

Jika engkau melihatku, maka aku tidak melihatmu.

Dekatilah, milikilah cinta selainku

Aku telah terlena pada cinta yang lain dari mu

Jika engkau menawan suatu kaum karena dosa,

Maka pergilah, karena aku bukan tawananmu.

Cukuplah bagiku pengetahuan akan Tuhanku

Itu saja yang ingin kukatakan, dan tak usah kau mengatakan apa-apa

Sumber Gambar: Pinterest/Osama Sarm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Chat support
Assalamualaikum, dengan Kurnia disini, ada yang bisa kami bantu?